Senin, 19 Februari 2018

Upaya Pencegahan Gangguan Pada Sistem Ekskresi Manusia

di Februari 19, 2018
Diabetes Insipidus, Kanker Ginjal, Jerawat, dan Biang Keringal.

1. Diabetes Insipidus

PENCEGAHAN DIABETES INSIPIDUS
Berikut adalah cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk pencegahan diabetes, yaitu :
  1. Cek kesehatan tubuh kita
Pencegahan diabetes dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.
  1. Ubah pola makan kita
Pencegahan diabetes dengan pola makan yang sehat. Ubah pola makan kita menjadi pola makan yang lebih sehat, perbanyaklah makan-makanan sayur serta buah yang kaya akan serat. Kurangi makan-makanan instant siap saji yang banyak mengandung bahan kimia dan pengawet.

  1. Perbanyak aktifitas (olahraga)
Pencegahan diabetes dengan berolahraga. Olahraga teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi. Dengan melakukan aktifitas fisik dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sensitivitas hormone insulin yang dapat membantu menjaga kenormalan kadar gula darah.
  1. Diet sehat
Pencegahan diabetes dengan diet sehat. Bagi Anda yang memiki berat badan berlebih lakukan diet yang sehat agar terhindar dari penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.
  1. Jangan merokok
Pencegahan diabetes dengan tidak merokok. Merokok dapat membuat kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur gula darah tetap normal menjadi berkurang, sehingga dapat memicu penyakit diabetes, selain itu rokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga kanker paru-paru.
  1. Hindari stress
Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan untuk pencegahan diabetes anda.
  1. Tidur nyenyak
Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk pencegahan diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggil.
Sumber : http://obat-diabetes-melitus.com/pencegahan-diabetes-insipidus/
2. Kanker Ginjal 

Cara Mencegah Kanker Ginjal


1. Mengontrol tekanan darah
Untuk menghindari kanker darah, anda harus mengontrol tekanan darah secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan anda tidak mengalami gagal ginjal.

2. Suplemen bawang putih.
Sudah terbukti kalau bawang putih mampu mengurangi kanker. Jadi, untuk menghindari kanker anda juga bisa mengkonsumsi suplemen bawang putih. Selain dapat mengurangi kanker, anda juga bisa mengurangi resiko gagal ginjal dengan suplemen ini.

3. Berhenti merokok.
Merokok tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk juga berbagai risiko yang di akibatkan rokor termasuk juga penyakit kanker. Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jika Anda berhenti merokok, selain dapat mencegah terjadinya kanker, anda juga dapat mencegah terjadinya risiko gagal ginjal.

4. Berhenti minum alkohol.
Selain merokok dapat merusak kesehatan. Alkohol juga sangat berbahaya sekali. Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol dapat mencegah terjadinya gagal ginjal dan penyakit lainnya seperti kanker ginjal.

5. Konsumsi Obat Herbal
Selain cara-cara di atas cara pencegahan kanker ginjal lainnya adalah dengan cara mengkonsumsi obat herbal. Obat herbal apa yang bagus?

Ada banyak obat herbal yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah obat herbal Shark Cartilage yang sudah terbukti berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker ginjal.

Sumber : http://herbalkankerterbaik.blogspot.co.id/2013/10/cara-pencegahan-kanker-ginjal.html

3. Jerawat

Cara Mencegah / Mengatasi Jerawat

Jagalah selalu kebersihan kulit dengan mencucinya minimal dua atau tiga kali sehari dengan sabun yang dianjurkan bagi kesehatan kulit. Dan pastikan kulit Anda bersih saat hendak tidur (bersih dan jangan memakai kosmetik). Facial wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan POM. Keliru memilih produk facial malah akan memperparah keadaan jerawat.

Banyak cara untuk menghilangkan komedo yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Saat ini sudah banyak produk kesehatan baik itu berupa sabun, krim pencuci wajah atau bahkan alat yang bisa mengangkat/menghilangkan komedo. Namun tentunya pengguna harus berhati-hati. Pastikan produk tersebut memang dianjurkan oleh ahli kesehatan, terdaftar di badan POM dan hanya menggunakannya sesuai aturan pakai. Bila terjadi iritasi atau hal-hal buruk lainnya, segera hentikan penggunaannya.

Hindari semua jenis makanan dengan gula yang berlebih, terutama coklat dan kacang-kacangan. Sebaiknya hanya mengonsumsi makanan yang sederhana dan seimbang yang terdiri dari banyak buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Minumlah banyak air dan jus buah, namun tetap harus menghindari minuman yang terlampau manis. Penggunaan tablet vitamin A juga membantu menjaga kesehatan kulit, namun harus sesuai dengan kebutuhan. Untuk istirahat, usahakanlah tidur minimal delapan jam setiap malam (bukan delapan jam setiap hari). Hindari stres, dan rajinlah berolahraga dan terus jalankan prinsip-prinsip hidup sehat.

Jika di bawah kulit sudah terdapat nanah, janganlah berusaha untuk membuka atau memencet jerawat itu, biarkan hingga kering sendiri. Memencet jerawat atau sering menyentuh jerawat akan menyebabkan infeksi dan tentunya akan memperlambat kesembuhan, dan dapat menyebabkan luka berkas jerawat tidak mau hilang. Jangan lupa juga untuk menjemur kulit di panas matahari setiap hari, selain untuk memperoleh vitamin D, panas matahari berguna untuk kesehatan kulit asal tidak dilakukan berlebihan.

Sumber  : https://www.medkes.com/2013/05/cara-menghilangkan-jerawat-penyebab-pencegahan.html

4. Biang Keringat

Cara Mencegah Biang Keringat 

a. Cuci pakaian dengan baik agar seratnya tetap halus
b. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat
c. Hindari tempat yang lembab
d. Pastikan sirkulasi udara lancar
e. Rajin Mandi
f. Minum air putih
g. Pertimbangkan Penggunaan bedak dingin, losion atau krim hidrokortison

Sumber : http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1207338/7-tips-ampuh-mencegah-biang-keringat

0 komentar:

Posting Komentar

Elektronika Digital

EELEKTRONIKA DIGITAL A.    Pengertian Elektronika Digital Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital....

 

Shiva Mantis © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor