Senin, 19 Februari 2018

Upaya Pencegahan Gangguan Pada Sistem Ekskresi Manusia

di Februari 19, 2018
Nefritis, Batu Ginjal, Albuminuria, dan Hematuria

1. Nefritis

Cara Mencegah Nefritis

» Perbanyak minum air putih.
» Rutin berolahraga.
» Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Pengobatan Nefritis

     Selain cuci darah dan cangkok ginjal, cara mengobati penyakit nefritis bisa dengan menggunakan obat-obatan seperti actacef, arcamox, bactesyn, ceclor kapsul, celcoid, clabat, clavamox, corsatet, corvox, cravat, cravox, difloxin, erabalox, ethidol, exion, gunametrim, impersial, macrofluran, ospen, mosardal, qizol, prolevox, soclor, reskuin, temasud, urinter, tizos, volequin dan zinnat. Obat tersebut harus berdasarkan resep dokter.

Sumber : https://pustakasehatku.blogspot.co.id/2015/10/penyebab-gejala-dan-pencegahan-nefritis.html

2. Batu Ginjal

Cara mencegah batu ginjal sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu minum cukup air putih tiap hari dan membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung zat-zat yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal, seperti zat oksalat, suplemen kalsium, dan protein hewani.


Selain dengan minum cukup air dan membatasi asupan zat-zat tertentu, pencegahanbatu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Biasanya langkah ini dianjurkan untuk mencegah kambuh bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita batu ginjal.
Sumber : http://www.alodokter.com/batu-ginjal
3. Albuminura
Pencegahan Albuminuria
  • Membiasakan diri untuk meningkatkan kualitas cairan tubuh dengan jalan minum air putih setidaknya 8 gelas perhari dan kurangi minuman yang mengandung kafein untk tujuan penstabilan albumin dalam tubuh agar dapat menghindari munculnya ciri ciri albuminuria.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung protein dan kalsium saja tetapi imbangi dengan gizi yang kompleks termasuk semua jenis vitamin, Mineral, Zat besi, Serat, Omega 3 dan lain lain.
  • Hindari makanan yang mengandung banyak garam karena garam terbukti memperberat kinerja ginjal dalam mengendalikan cairan tubuh dan memicu munculnya ciri ciri albuminuria.
  • Penderita albuminuria melakukan secara konsisten diet protein , Kalium, Natrium, Magnesium serta karbohidrat sesuai dengan anjuran ahli gizi atau dokter yang terkait.
  • Memperbanyak konsumsi buah buahan yang kaya serat setiap hari misalnya apel, Anggur dan stroberry untuk mencegah pelonjakan zat protein didalam tubuh karena buah buahan dapat menetralisir albumin yang berlebihan sehingga fungsi ginjal tetap dalam kondisi terbaiknya dan terhindar dari munculnya ciri ciri albuminuria. 
  • Hindari segala bentuk makanan siap saji atau jenis junkfood karena makanan seperti itu dapat menyebabkan kinerja ginjal menjadi lebih berat dan mengalami kerusakan.
Sumber : https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-ginjal/ciri-ciri-albuminuria

4. Hematuria

Hematuria sendiri tidak bisa dicegah. Namun, penyebab penyebab terjadinya hematuria bisa dicegah. Berikut ini hal hal yang bisa mencegah datangnya hematuria.
  1. Minum air putih
Air putih sangat bagus untuk tubuh manusia. Idelanya manusia minum hingga 8 liter perhari. Kurang mengonsumsi air putih sangat berdampak buruk bagi ginjal dan dapat menyebabkan penyakit ginjal yang menyebabkan hematuria.
  1. Berhenti merokok
Merokok sangat tidak baik efeknya baik untuk yang merokok ataupun orang orang yang ada disekitarnya. Zat zat kimia yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan membuat beberapa infeksi pada organ manusia termasuk saluran kemih.
  1. Menjaga berat badan dalam kondisi yang ideal
Menjaga berat badan berarti pula mencegah diri dari berbagai penyakit.
  1. Banyak mengonsumsi garam
Bagi penderita batu ginjal mengonsumsi garam merupakan suatu hal yang baik yang akan mengurai sedikit batu ginjal yang terdapat pada ginjal.
  1. Menjaga kebersihan area kewanitaan
Bagi wanita sangat penting untuk menjaga kebersihan wanita karena akan banyak kemungkinan penyakit yang terjadi padanya.
  1. Tidak menunda untuk buang air kecil
Menunda nunda untuk membuang air kecil selain akan menyebabkan rasa sakit jug akan menimbulkan penyakit penyakit lain yang menyerang ginjal.
Sumber : https://ahliginjal.com/hematuria

0 komentar:

Posting Komentar

Elektronika Digital

EELEKTRONIKA DIGITAL A.    Pengertian Elektronika Digital Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital....

 

Shiva Mantis © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor