Senin, 29 Januari 2018

Tekanan Zat Cair

di Januari 29, 2018
TEKANAN ZAT



Tekanan merupakan suatu ukuran yang terdiri dari besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda untuk setiap satu satuan luas permukaan bidang tekan. Tekanan dapat dinotasikan sebagai simbolp (pressure). Satuan tekanan yang lain adalah pascal (Pa) dan bar.


TEKANAN ZAT CAIR 


Tekanan pada zat cair sering disebut juga dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis ini tergantung pada suatu tingkatan kedalaman dan berat jenis pada zat cair. Tekanan pada zat cair mengarah ke segala arah. Rumus tekanan hidrostatis sebagai berikut.
Pp.g.h
dengan:
ph = tekanan hidrostatis zat cair (N/m2)
= massa jenis (kg/m3)
= percepatan gravitasi (m/s2)
h = kedalaman dari permukaan (m)

Contoh Soal
Seorang anak menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air. Jika massa jenis air adalah 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2 maka berapakah tekanan hidrostatis yang dialami anak tersebut? Penyelesaian:
Diketahui:      h    = 100 m
p    = 1000 k g/m3
g    = 9,8 m/s2
Ditanyakan:          ph -….?
Jawab:   ph = p . g . h
= 1000 . 9,8 . 100
= 9,8 x 105 N/m2


Sumber : http://mansyurhidayat.blogspot.co.id/2013/04/ringkasan-materi-tekanan-zat-padat-cair.html



see - try - ask - elaborate





TEKANAN HIDROSTATIS

Pengertian tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi dibawah permukaan air (fluida statis). Tekanan tersebut disebabkan oleh gaya berat air terhadap benda. Gaya tersebut bergantung pada kedalaman dimana benda tersebut berada. Semakin dalam benda tersebut dari permukaan air, semakin besar pula gaya berat air terhadap benda itu.

Seperti pada artikel sebelumnya (Pengertian Tekanan dalam Fisika), tekanan hidrostatis masih memiliki satuan yang sama yakni N/m2 atau Pa.




Rumus Tekanan HidrostatisRumus tekanan hidrostatis merupakan penjabaran faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan yang diberikan oleh air terhadap benda. Faktor-faktor tersebut adalah:


  • ρ = massa jenis air (kg/m3)
  • g = gravitasi bumi (m/s2)
  • h = kedalaman air (m)
Masih ingat artikel tentang Pengertian Massa Jenis dan Cara Menghitung Massa Jenis? Artikel tersebut menuliskan bahwa massa jenis (ρ)merupakan perbandingan antara massa (m) dan volume benda (V). Sehingga gaya berat air (w) dapat dituliskan:


  • w = m.g , dengan m = ρ.V dan V = A.h
  • P = F/A atau P = w/A, sehingga P = ρ.V.g/A
Dengan memasukkan nilai V = A.h, diperoleh persamaan :


  • P = ρ.A.h.g/A
Dari faktor-faktor dan penurunan tersebut rumus tekanan hidrostatis dapat dituliskan secara matematis sebagai berikut:

PH = ρ.g.h

Apabila tekanan udara luar yang ikut berpengaruh dipermukaan air (Patm), maka rumus tekanan hidrostatis diatas akan menjadi:

PH = Patm + ρ.g.h

Aplikasi tekanan hidrostatis dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, jika kita menyelam di kolam atau di laut, kita akan merasakan tekanan pada telinga. Semakin dalam kita menyelam, maka akan semakin kuat tekanan yang kita rasakan.

Sumber : https://mfauzanbagas.weebly.com/tekanan-hidrostatis-dalam-fisika.html






0 komentar:

Posting Komentar

Elektronika Digital

EELEKTRONIKA DIGITAL A.    Pengertian Elektronika Digital Elektronika digital adalah sistem elektronik yang menggunakan signal digital....

 

Shiva Mantis © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor